Dalam definisi luas, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan antar muka (interface) sebuah browser. Web akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik(e-commerce). E-Commerce diluar batas perusahaan E-commerce bisnis-ke-bisnis-konsumen (business to consumer B2C) mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk, e-commerce bisnis ke bisnis (business in bussiness B2B) mengacu pada transaksi antar bisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.
Manfaat-manfaat yang diharapkan dari E-commerce
- Perbaikan layanan sebelum, selama, dan setelah penjualan
- Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan.
- Peningkatan imbal hasil ekonomis atau pemegang saham dan investasi pemiliki.
Kendala-Kendala E-Commerce
- Kekhawatiran akan masalah keamanan
- Biaya yang tinggi
- Peranti lunak yang belum mapan
- E-Commerce bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa bulan.
- E-Commerce memiliki arti penting khususnya bagi beberapa segmen tertentu perekonomian AS karena memang menyumbangkan presentasi dolar penjualan dalam jumlah besar dalam segmen-segmen tersebut.
bisnis strategi akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif. Perusahaan pertama-tama harus memperoleh kecerdasan bisnis (business intelligence) sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami perananan potensia yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan. Rencana bisnis strategi akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif.
INTELEGANSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)
Inteligensi bisnis (business intelligence-B1) adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur didalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
Basis Data Eksternal
- LEXIS-NEXIS
(WWW.LEXISNEXIS.COM) - DIALOG
(WWW.DIALOG.COM) - Dowjones.com
(WWW.DOWJONES.COM) - Global eXchangeServices
(WWW.GXS.COM) - Reuters
(WWW.REUTERS.COM)
Mesin Pencari
Mesin pencari (search engine) adalah suatu program komputer khusus yang menanyakan satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari.Program ini kemudian mencari isi situs-situs Web di Internet untuk melihat apakah kata atau kata-kata tersebut terdapat disitus-situs Web tersebut.
- Mengurangi kesalahan
- Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang
- Meningkatnya efisiensi operasional
- Meningkatnya kemampuan untuk bersaing
- Memperbaiki layanan pelanggan
- Menurunkan biaya
STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
Strategi bisnis untuk e-commerce B2C menjadi begitu penting karena dua alasan yaitu:
Produk-ProdukFisik
Penjualan Maya Versus Campuran
Pemerintahan Elektronik
Strategi bisnis untuk e-commerce B2C menjadi begitu penting karena dua alasan yaitu:
- Semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital.
- Semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan web.
Produk digital dapat digunakan begitu selesai di download. Perbedaan lainya adalah bahwa produk itu sendiri akan berpindah ke asset pembeliannya. Sebagai contoh, music yang anda download harus ditempatkan dalam satu file atau pada satu compact disk (CD) atau media penyimpanan lainnya.
Barang-barang fisik tidak dapat dikonsumsi melalui web sebagai gantinya, harus dikirimkan kepelanggan. Berkembangnya perusahaan-perusahaan pengiriman surat atau barang swasta seperti FedEx, JNE dan UPS telah secara langsung membantu e-commerce eceran.
adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan tempat berjualan fisik.
Pemerintah juga dapat mengambil manfaat dari e-commerce. satu contohnya adalah Polk Country di Florida. Kantor Pajak Polk Country menggunakan layanan online untuk melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005. Sertifikat pajak adalah cara pemerintah daerah untuk menagih pajak bumi dan bangunan yang belum dibayar.
- Perdagangan Bergerak
- Nirkabel Berkelas Bisnis diSemua Tempat
Menggunakan Internet
E-commerce tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya jaringan yang menghubungkan pelanggan dengan organisasi. Awal mula Internet dapat ditarik balik hingga tahun 1969, ketika pemerintah AS membuat suatu jaringan yang disebut ARPANET. Usaha-usaha yang diawali ditahun 1989 mengarah pada apa yang kita kenal hari ini sebagai World Wide WebWorld Wide Web
World wide web yang disebut pula sebagai web dan WWW, adalah informasi yang dapat diakses melalui internet dimana dokumen-dokumen hypermedia (file-file computer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
Istilah Umum dalam WWW (world wide web)
- SitusWeb
- Link Hypertext
- Halaman web
- Home page
- Browser
- Universal Resource Locator (URL)
- Protokol
- Nama domain
- Path
Istilah superhighway informasi digunakan dalam konteks yang sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penuh mengenai dampak akhirnya pada masyarakat. Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu kekuatan positif yang memberikan akses atas sejumlah informasi yang terdapat dalam masyarakat modern kita.
Secara sederhana, Internet dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data, termasuk komunikasi didalam perusahaan digunakan oleh semua jenis platform computer tanpa harus melakukan upaya juga lebih mudah untuk dipelajari dan dipergunakan daripada bahasa query yang normalnya digunakan untuk mengambil informasi dari basis data. Internet perusahan melalui jaringan konvensional yang dimilikinya.
Aplikasi bisnis web yang paling dikenal masyarakat umum adalah ritel. Sebagian besar rantai ritel besar telah hadir di Web. JCPenney membuka situs Web-nya pada tahun 1994 menawarkan lebih dari 350 jenis barang.
1.Pastikan situs Web Anda kuat.
2.Pastikan browser dan struktur basis data Anda fleksibel maupun intuitif.
3.Menekankan isi.
4.Sering diperbarui.
5.Melihat diluar pelanggan.
6.Tujukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna.
7.Menjadikan Internet intuitif.
8.Berada dilokasi Web yang tepat.
9.Ciptakan rasa kebersamaan.
10.Carilah bantuan jika Anda membutuhkannya
Dampak Internet pada Masa mendatang
Para pengguna internet adalah satu kelompok yang beragam. Banyak yang masih berusia muda, namun yang berusia lebih tua (dengan lebih banyak penghasilan untuk dibelanjakan) memiliki dampak yang substansial pada ramalan ekonomi e-commerce. E-commerce B2B nampaknya tidak berdampak pada pelanggan, tetapi harga yang lebih rendah dan layanan pelanggan yang lebih baik yang dimungkinkan oleh B2B adalah hal yang membuat organisasi bisnis kompetitif.
SIMPULAN
E-Commerce adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis, penggunaan internet dan computer dengan browser web. E-Commerce memiliki kendala yaitu biaya yang tinggi, kekhawatiran masalah keamanan, peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia. Selain itu E-Commerce memiliki manfaat yaitu mempermudahkan transaksi jual beli, mempermudah layanan bisnis kebisnis konsumen, untuk memperbaiki layanan pelanggan, mempereret hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan dan meningkatkan imbal hasil pada pemegang saham dan pemilik investasi.
Referensi:
- Slide Sistem Informasi Manajemen Pertemuan ke 14 Tahun 2018
- https://www.google.com/search?biw=846&bih=567&tbm=isch&sa=1&ei=y7wRXOSCOcuk-QaiwI_oAQ&q=TERMINOLOGI+WORLD+WIDE+WEB&oq=TERMINOLOGI+WORLD+WIDE+WEB&gs_l=img.3...4712.7899..8212...0.0..0.147.268.0j2......0....1j2..gws-wiz-img.hbVrkzOhNkE
0 komentar:
Posting Komentar